JAKARTA – Menjelang musim haji 2025, PT. Garuda Indonesia menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada calon jemaah haji Indonesia.
Direktur Utama PT. Garuda Indonesia Wamildan Tsani mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah strategis mulai dari armada penerbangan, layanan khusus lansia, hingga antisipasi suku cadang.
“Garuda Indonesia juga memberikan perhatian khusus terhadap kenyamanan jemaah di dalam pesawat. Makanan yang disajikan selama penerbangan akan disesuaikan dengan kebutuhan jemaah, termasuk lansia.” ucap Wamildan saat konferensi pers di Tangerang pada Kamis (24/04/2025).
“Kami identifikasi lebih dari 25 ribu lansia. Makanannya kita buat lebih lembut, tidak terlalu pedas,” tambahnya
Lebih lanjut, untuk jemaah lansia terutama yang berangkat dari Embarkasi Solo yang tahun ini mengangkut 33.000 jemaah dari 94 kloter dan hampir 50 persen di antaranya lansia Garuda telah memasang materi edukatif di sistem hiburan pesawat mengenai cara penggunaan toilet serta prosedur penerbangan.
Wamildan menyebut, kru kabin juga dilatih khusus untuk mendampingi jemaah lansia, dengan penempatan tabung oksigen tambahan sebagai antisipasi kondisi darurat.
“Garuda Indonesia merekrut 562 awak kabin khusus. Seluruhnya telah memiliki lisensi serta mendapatkan pelatihan tambahan, khususnya dalam menangani jemaah lanjut usia.” ucap Wamildan
Untuk memastikan kelancaran operasional, Garuda Indonesia menyewa lima unit pesawat dari Airbus A330-300 dari World2Fly, San Marino, dan Thai AirAsia. Pesawat ini akan ditempatkan secara strategis di beberapa embarkasi seperti Balikpapan dan Solo.
“Usia pesawat rata-rata lebih muda dari tahun lalu, sekitar 15 tahun,” jelasnya.
Penempatan yang tersebar dilakukan untuk memperkuat distribusi layanan dan mencegah terjadinya penumpukan operasional di satu lokasi.
Walau rantai pasokan suku cadang global masih terdampak konflik dan ketegangan geopolitik,
Wamildan menjamin ketersediaan spare parts untuk musim haji telah diantisipasi di tujuh lokasi penting, termasuk Jeddah dan Madinah.
“Kami pastikan tidak ada kendala,” pungkasnya.
Garuda Indonesia menegaskan kembali komitmennya untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh jemaah.
“Pihaknya optimis akan memberikan pelayanan yang jauh lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya.